Selasa, 31 Mei 2016

NEGARA JEPANG


NEGARA JEPANG

JEPANGNegara Jepang adalah salah satu negara maju di kawasan Asia. Hal-hal yang perlu diketahui tentang negara Jepang adalah:
  • Luas wilayah : 377.643 km persegi
  • Ibu kota : Tokyo
  • Kota penting: Tokyo, Yokohama, Osaka, Nagoya, Kyoto, Kawasaki, dan Hiroshima
  • Bentuk pemerintahan : Kekaisaran
  • Kepala negara : Kaisar
  • Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
  • Kaisar : Akihito
  • Perdana Menteri : Shinzō Abe
  • Lagu kebangsaan : Kimigayo ( 君が代 kimigayo )
  • Jumlah Penduduk (2016) : 126,344,018 jiwa
  • Bahasa : Jepang
  • Agama mayoritas penduduk : Shinto dan Buddha
  • Mata uang : Yen (¥)
  • Bandar udara internasional : Narita dan Haneda
  • Perusahaan penerbangan : Japan Airlines (JAL)
     Batas wilayahBatas-batas geografis negara Jepang adalah sebagai berikut :
  • Utara  : Laut Okhotsk dan Pulau Shakalin
  • Timur : Samudera Pasifik
  • Selatan : Samudera Pasifik dan Laut Cina Selatan
  • Barat   : Selat Korea dan Laut Jepang
Pemerintahan

Bawah:Kaisar akihito                                                            Atas:Perdana Mentri Shinzo AbeJepang (En:Japan) biasa disebut Negeri Matahari Terbit, karena wilayah Jepang yang membentang dari utara keselatan sehingga memungkinkan matahari terbit di seluruh wilayah Jepang dalam waktu yang bersamaan. Selain itu Jepang juga disebut Negeri Sakura, karena merupakan asal bunga sakura dan banyaknya bunga sakura yang bermekaran di musim semi . Bentuk pemerintahannya adalah kekaisaran yang dikepalai oleh seorang kaisar dari tahun 1989 sampai sekarang yaitu Kaisar Akihito atau sering desebut Tenno Heika. Menurut kepercayaan bangsa Jepang, kaisar merupakan keturunan Dewi Matahari Amaterasu. Jepang merupakan kerajaan konstitusional dengan kepala negaranya seorang Kaisar dan kepala pemerintahan dipegang oleh Perdana Menteri. Parlemennya disebut Diet yang terdiri dari Dewan Perwakilan dan Dewan Penasihat.Semula Jepang merupakan negara tertutup dari pengaruh asing. Karena sejak tahun 1192 sampai 1867, shogun, atau bupati shikken , merupakan penguasa de facto Jepang, meskipun status jabatan mereka ditunjuk oleh Kaisar. Setelah Restorasi Meiji pada tahun 1867, Kaisar adalah perwujudan dari semua kekuasaan yang berdaulat di dunia, sebagaimana tercantum dalam Konstitusi Meiji tahun 1889. Statusnya saat ini sebagai pemimpin boneka sejak Konstitusi tahun 1947. Sejak tahun 1854,  Jepang mulai berkembang dan terbuka terhadap pengaruh bangsa barat. Shogun adalah orang-orang yang diberi kekuasaan mutlak oleh raja untuk memerintah suatu daerah. Raja pada waktu itu hanya mementingkan agama, hidup dalam biara dan dianggap sebagai dewa.

Jepang mulai maju pesat setelah adanya pengaruh dari barat. Kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905 menambah kepercayaan orang-orang Jepang akan kemampuan dirinya. Pada permulaan Perang Dunia II, Jepang mengalami kemenangan perang yang gemilang. Ham[ir seluruh negara di Asia dapat dikuasai, termasuk Indonesia, Malaysia dan Filipina. Namun akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tangal 14 Agustus 1945 setelah Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat.Jepang menjadi porak poranda kembali. Keadaan ekonominya merosot tajam. Baru mulai tahun 1950 Jepang membangun kembali negaranya. Berkat sifat disiplin yang tinggi dan kerja keras yang tak mengenal lelah, maka Jepang tumbuh kembali dan menjadi salah satu negara industri yang sangat maju.Sekarang Jepang merupakan negara dengan standar hidup tertinggi di Asia, bahkan termasuk salah satu yang tertinggi di dunia. Nama Jepang diberikan oleh orang Italia bernama Marcopolo, orang Jepang sendiri menamakan negerinya Nippon atau Dai Nippon.

Keadaan geografi

Terletak antara 20 derajat LU – 47 derajat LU. Jepang merupakan negara kepulauan yang terbentang dari utara ke selatan sepanjang kurang lebih 2.400 km, terdiri atas 4 pulau utama, yaitu : Pulau Hokaido (Yeso), Pulau Hondo (Honshu), Pulau Syikoku dan Pulau Kyushu. Hondo adalah pulau terbesar. Daratan Jepang sebagian besar bergunung-gunung, sehingga sungai-sungainya pada umumnya pendek-pendek dan berarus deras sehingga tidak baik untuk pelayaran dan lebih baik dimanfaatkan untuk PLTA.Iklim bagian selatan berbeda dengan iklim bagian utara. Makin ke utara suhu udara semakin dingin dan curah hujan semakin sedikit. Sesuai dengan iklimnya, tumbuh-tumbuhan alami di bagian utara merupakan hutan cemara. Sedangkan bagian tengah hutan campuran dan selatan hutan musim.Gunung tertinggi di Jepang yaitu Gunung Fuji (富士) atau Fujiyama, dengan ketinggian mencapai 3.779 meter. Pegunungan di negara Jepang merupakan rangkaian dari jalur sirkum Pasifik. Jumlah gunung berapi di negeri Sakura ini terdapat 200 dengan 58 buah gunung api yang masih aktif. oleh karena itu sering terjadi gempa bumi.Letusan gunung berapi dan gempa bumi sangat sering terjadi. Dataran rendah ada sekitar 16% dari seluruh daratan di Jepang. Dataran rendah yang luas seperti dataran rendah Kwanto, Kinki dan Nobi, yang terletak di Pulau Honshu.Sungai terpanjang di Jepang adalah Sungai Shimono dengan panjang sekitar 353 km, yang terletak di Pulau Honshu, yang digunakan untuk pembangkit tenaga listrik dan irigasi.Danau terbesar di Jepang yaitu danau Biwa terletak di dekat Kyoto. Garis pantainya tidak beraturan bentuknya tetapi baik untuk dijadikan pelabuhan.Dataran terendah di Jepang -3,4m di bawah permukaan laut. Lautan di Jepang adalah tempat pertemuan arus dingin yang di sebut oyashiwo dan arus panas yang di sebut kuroshiwo yang mengakibatkan banyak ikannya. PendudukJumlah Penduduk pada tahuyn 2016 adalah 126,344,018  jiwa, Laju pertumbuhan penduduknya rendah, yaitu 0,7% pertahun, berkat keberhasilan pelaksanaan program keluarga berencana. Orang Jepang termasuk golongan induk bangsa Mongoloid. Penduduk aslinya adalah suku bangsa Ainu yang tinggal di pulau Honshu dan pulau Hokaido. Penduduk pendatang kebanyakan berasal dari rasMongoloid. Penyebaran penduduk tidak merata dan umumnya terdapat di daerah perindustrian dan kota-kota, hampir 75%. Ada beberapa faktor iklim yang berakibat buruk atau merupakan bahaya kesukaran bagi penduduk Jepang, yaitu : bahaya angin Taifun, gempa bumi, letusan gunung api, banjir dan gelombang pasang. Bahaya kesukaran itu disebut juga “The Four Roses of Japan”. Kegiatan penduduk Jepang mayoritas di perindustrian. Sebagain besar penduduk beragam Shinto, yaitu pemujaan pada Dewa Matahari, sebagain lagi beragama Budha.

Perekonomoian 


 Karena luas tanah yang terbatas, pertanian dilaksanakan secara intensif dan mekanis, tanah pertanian selalu dipupuk dan mendapat irigasi. Hasil pertanian yang utama adalah padi, gandum, jagung, kacang-kacangan. Dari perkembunan dihasilkan teh hijau yang diekspor. Kegiatan peternakan juga selalu dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan daging, susu, dan telur di dalam negeri yang selalu meningkat. Namun, orang Jepang sendiri menyukai ikan.Jepang merupakan salah satu negara penghasil ikan terbesar di dunia. Penangkapan ikan dilakukan dengan menggunakan teknologi modern yang disertai fasilitas pelabuhan yang baik. Laut di sekitar negara ini memang kaya akan pitoplankton, karena di situ merupakan pertemuan dua arus samudra, yaitu arus dingin Oyashiwo dari utara dan arus panas Kuroshiwo dari selatan.Dari pertambangan dapat dihasilkan batubara, tembaga, bijih besi, timah, dan belerang. Akan tetapi, hasil-hasil tambangnya tidak mencukupi untuk industri dalam negeri, sehingga bahan-bahan tambang masih harus diimpor, termasuk minyak bumi dan gas alam. Industri Jepang memang maju dengan pesat, mulai dari industri, kerajinan tangan, industri ringan sampai industri berat. Sekarang Jepang menjadi negara industri terbesar kedua setelah Amerika Serikat.Kawasan industri Jepang meliputi :
  1. 1.    Kawasan industri Keihin (di Dataran Rendah Kwanto) 
Kota industrinya meliputi Tokyo, Yokohama, dan Kawasaki. Hasil industrinya antara lain industri baja, elektronika, kertas, galangan kapal, peralatan listrik. 
  1. 2.      Kawasan industri Kitakyushu (di Pulau Khushyu) 
Kota industrinya meliputi Yutawa sebagai pusat industri baja terbesar di Jepang. Nagasaki pusat industri galangan kapal. 
  1. 3.      Kawasan industri Chukyo (di Dataran Rendah Nobi) 
Kota industrinya Nagoya terdapat industri pesawat terbang, elektronika, lokomotif. Hamamatsu merupakan pusat industri peralatan musik. 
  1. 4.      Kawasan industri Hanshin (di Dataran Rendah Kinki) 
Kota industrinya meliputi Osaka sebagai tempat industri tekstil terbesar di Jepang, Kyoto sebagai pusat industri kerajinan, dan Kobe sebagai pusat industri mobil, besi baja, galangan kapal.Jepang merupakan negara industri nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat. Faktor-faktor yang mendukung berkembangnya industri di negara ini sebagai berikut :
  1. Tenaga listrik (PLTA) dengan biaya yang murah dan mudah di dapat. Karena banyaknya sungai yang berarus deras di Jepang.
  1. Tenaga buruh banyak, terampil dan terlatih.
  1. Para tenaga kerja mempunyai semangat bushido (semangat para samurai) dan kemauan untuk bekerja keras.
  1. Letaknya yang strategis karena dekat dengan sumber bahan baku (pemasok dan daerah pemasaran).
  1. Pelabuhan laut yang menunjang untuk kegiatan ekspor. Hal ini dikarenakan banyaknya pelabuhan alami di Jepang.
  1. Sistem transportasi dalam negeri yang sangat baik, terutama jaringan lalu lintas kereta api.
  1. Adanya bantuan dana dari Amerika Serikat yang dilakukan untuk rehabilitasi perekonomian setelah Perang Dunia II.
Faktor pendukung Jepang sebagai negara maju

Negara yang mendapat julukan Negeri Sakura ini merupakan negara yang kuat dengan penduduk yang memiliki keinginan keras. Hal ini dapat menjadikannya salah satu negara maju di dunia. Faktor pendorong Jepang menjadi negara maju diantaranya sebagai berikut :
  • Memiliki pendapatan per kapita yang tinggi, yaitu sebesar US $ 27.380.
  • Penduduknya memiliki kemauan yang keras. Hal ini menjadikan Jepang dapat bangkit dari kesalahan perang yang sangat besar pada masa Perang Dunia II. Kerusakan dan kerugian besar tersebut dapat pulih dengan cepat dan menjadi maju hingga sekarang.
  • Memiliki modal yang sangat besar untuk kemajuan ekonominya.
  • Memiliki banyak tenaga kerja yang ahli dan terampil.
  • Memiliki jalur pemasaran yang luas. Dilaksanakannya politik dumping yang menyebabkan barang-barang hasil industri cepat laku di pasaran.
Hubungan dengan Indonesia

Dengan pemerintah RI telah terjalin hubungan yang baik, meliputi bidang pendidikan, kebudayaan, perdagangan dan sebagainya. Dalam usaha meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan dan kebudayaan di Jakarta dibentuk Lembaga Indonesia-Jepang serta dilakukan tukar-menukar mahasiswa.Dibidang perdagangan, Jepang memegang peranan penting, karena negeri Sakura ini merupakan tujuan ekspor utama bagi Indonesia, sebaliknya Indonesia merupakan negara yang menyediakan bahan-bahan keperluan untuk industri Jepang.Ekspor Indonesia ke Jepang berupa minyak bumi mentah, gas alam cair, alumunium, bijih logam, kayu, kopi. Sedangkan dari Jepang Indonesia mengimpor hasil-hasil industri, seperti kendaraan bermotor, barang-barang elektronik, mesin industri, lembaran besi dan baja, bahan kimia, pipa besi dan baja.

Masa Kebangkitan Jepang

 Pada hakikatnya adalah usaha Jepang untuk mencegah negeri mereka dijajah oleh bangsa Eropa. Cara yang dilakukannya ialah dengan mengadaptasi ilmu pengetahuan Eropa.Masa kebangkitan Jepang – Jepang adalah negara yang sampai sekarang masih mempertahankan pemerintahan kekaisaran. Namun demikian demokrasi juga diterapkan dengan baik. Pemerintahan kekaisaran di Jepang termasuk pemerintahan kekaisaran yang sangat tua di dunia.Dalam perkembangan sejarah Jepang, kaisar tidak selamanya memegang pemerintahan. Adakalanya pemerintahan dijalankan oleh keluarga bangsawan yang kuat. Kaisar (Tenno) hanya berfungsi sebagai lambang pemersatu.Sejak pertengahan abad ke-16 kekaisaran dipegang oleh keluarga Tokugawa. Mereka menjalankan politik isolasi. Artinya, Jepang tertutup bagi orang asing, pengaruh asing maupun agama asing. Orang Jepang dilarang bepergian ke luar negeri.Hubungan dagang antara Amerika Serikat dan Cina berpengaruh terhadap politik isolasi Jepang. Dalam pelayaran ke dan dari Cina, kapal-kapal Amerika Serikat memerlukan tempat singgah di Jepang. Pada tahun 1854, Angkatan Laut Amerika berhasil memaksa Jepang membuka beberapa pelabuhannya.Empat tahun kemudian, tahun 1858 Jepang terpaksa memberikan hak yang lebih banyak kepada orang-orang Barat lain untuk memasuki pelabuhan-pelabuhannya. Orang-orang Barat membawa kekuatan militer mereka sendiri. Mereka juga memperoleh pula hak ekstrateritorial, artinya tidak tunduk atau terikat kepada hukum yang berlaku di Jepang.Kaisar, para bangsawan, para samurai dan rakyat pada umumnya menuduh Tokugawa tidak melindungi kepentingan bangsa Jepang. Pada tahun 1868, kekuasaan Tokugawa ditumbangkan dan kekuasaan Kaisar dipulihkan. Kaisar pada waktu itu ialah Mutsuhito, yang kemudian dikenal dengan nama Kaisar Meiji (Tenno Meiji).Setelah pemerintahan kembali dikuasai, kaisar Meiji mulai menjalankan perbaikan di berbagai bidang kehidupan. Perbaikan itu disebut Restorasi Meiji. Jepang berusaha mengejar kemajuan untuk mengimbangi bangsa Barat.Pemimpin-pemimpin Jepang menyadari bahwa bangsa Barat mempunyai kelebihan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan kelebihan itu mereka berhasil menguasai Cina dan beberapa negara di Asia. Untuk menghindari hal itu, Jepang harus menyamai bangsa barat dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjadikan negaranya sebagai negara industri maju.Pemuda-pemuda Jepang dikirim ke luar negeri seperti ke Inggris, Prancis dan Jerman untuk menuntut berbagai ilmu. Selain itu, Jepang mendatangkan pula tenaga-tenaga ahli dari luar negeri.Sekolah-sekolah di buka dalam jumlah banyak dan semua tingkat. Buku-buku berbahasa asing diterjemahkan ke bahasa Jepang. wajib belajar bagi semua warga negara pun diberlakukan.Angkatan perang juga dimodernisasi. Dalam waktu singkat angkatan perang Jepang sudah dapat menyamai angkatan perang negara-negara Barat.Jepang meniru sistem pemerintahan Barat. Kekuasaan terpusat pada Kaisar. Di bawah Kaisar terdapat kabinet yang disusun menurut model Barat. Orang yang diangkat menjadi pegawai pemerintah harus menempuh ujian terlebih dahulu. Dengan cara demikian berhasil dibentuk aparat pemerintahan yang bermutu.Kemampuan militer Jepang diperlihatkan pertama kali dalam perang melawan Cina dan kemudian Rusia pada tahun 1904 sampai 1905. Sejak itulah negeri Sakura menjadi agresif.Dengan didasari paham kebangsaan yang berlebihan Jepang ingin menguasai seluruh Asia Tenggara. Keinginan itu disebabkan oleh pertambahan penduduknya yang sangat cepat, sehingga dicarikan daerah baru. Selain itu, Jepang memerlukan bahan baku untuk industrinya dan bahan itu banyak terdapat di Asia Tenggara.Pada tanggal 8 Desember 1941 angkatan perang Jepang menyerang pangkalan angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii.Sesudah itu menyerbu negara-negara Asia yang masih ada di bawah kekuasaan bangsa Barat. Dalam waktu singkat mereka berhasil menguasai daerah yang sangat luas di kawasan Asia dan Pasifik.Akan tetapi, pada tahun 1945 mereka terpaksa mengakui keunggulan Amerika Serikat dan sekutunya. Pada tanggal 14 Agustus 1945 Jepang menyerah tanpa syarat setelah terlebih dahulu Amerika menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. 




Tradisi dan Budaya Jepang

Sebelum menelaah lebih lanjut macam-macam budaya Jepang, ada baiknya terlebih dahulu kita ketahui apa itu makna budaya.  Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Jadi budaya itu lumayan kompleks ya. Budaya kita saja sudah sanagat banyak, Budaya Jepang juga tidak kalah banyaknya.

1. Pakaian Tradisional Jepang
Kimono (着物?) adalah pakaian tradisional Jepang. Arti harfiah kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai, danmono berarti barang).

Pada zaman sekarang, kimono berbentuk seperti huruf "T", mirip mantel berlengan panjang dan berkerah. Panjang kimono dibuat hingga ke pergelangan kaki. Wanita mengenakan kimono berbentuk baju terusan, sementara pria mengenakan kimono berbentuk setelan. Kerah bagian kanan harus berada di bawah kerah bagian kiri. Sabuk kain yang disebut obi dililitkan di bagian perut/pinggang, dan diikat di bagian punggung. Alas kaki sewaktu mengenakan kimono adalah zōri atau geta.Kimono sekarang ini lebih sering dikenakan wanita pada kesempatan istimewa. Wanita yang belum menikah mengenakan sejenis kimono yang disebut furisode. Ciri khas furisode adalah lengan yang lebarnya hampir menyentuh lantai. Perempuan yang genap berusia 20 tahun mengenakan furisode untuk menghadiri seijin shiki. Pria mengenakan kimono pada pesta pernikahanupacara minum teh, dan acara formal lainnya. Ketika tampil di luar arena sumo, pesumo profesional diharuskan mengenakan kimono. Anak-anak mengenakan kimono ketika menghadiri perayaan Shichi-Go-San. Selain itu, kimono dikenakan pekerja bidang industri jasa dan pariwisata, pelayan wanita rumah makan tradisional (ryōtei) dan pegawai penginapan tradisional (ryokan).

2. Geisha
 Geisha merupakan seniman-penghibur tradisional di Jepang. Geisha mulai muncul dan menjadi sangat umum pada abad ke-18 dan ke-19, dan masih terkenal hingga sekarang, meskipun jumlahnya sudah mulai menurun. Sebutan lain untuk Geisha diantaranya “Geiko” dan “Maiko”. Istilah “Geiko” dan “Maiko” mulai dipakai pada jaman Restorasi Meiji. Istilah Geikomerupakan sebutan lain untuk Geisha sedangkan Maiko merupakan sebutan untuk Geisha pemula. Sebutan Maiko hanya dipakai di daerah Kyoto saja. Saat pertama muncul, semua Geisha adalah laki-laki, sedangkan saat perempuan mulai mengambil alih peran, istilah Geisha sempat berubah menjadi Onna Geisha atau “seniman wanita”. Namun sekarang semua Geisha hanya diperbolehkan untuk perempuan saja.Geisha secara tradisional dilatih sejak masih muda. Rumah-rumah Geisha (atau disebut sebagai Okiya) seringkali membawa para gadis yang masih muda dari keluarga miskin dan mereka dibesarkan dan dilatih di rumah tersebut. Selama masa kecil mereka, Geisha pemula awalnya bekerja sebagai pembantu, kemudian sebagai asisten senior Geisha pemilik rumah sebagai bagian dari latihan mereka dan untuk membantu biaya pemeliharaan dan pendidikan mereka. Dan sampai sekarang tradisi pelatihan ini masih ditemukan di Jepang.Setelah seorang wanita dinyatakan menjadi seorang Geisha pemula (maiko) dia akan mulai menemani senior Geisha ke rumah teh, pesta-pesta, dan perjamuan yang memang sudah merupakan lingkungan kerja seorang Geisha. Geisha modern sekarang tidak lagi dibeli oleh rumah Geisha untuk diangkat sebagai anak didik. Menjadi seorang Geisha sekarang sudah bersifat sukarela. Sekarang, paling banyak Geisha mulai pelatihan mereka saat masih umur belasan.

3. Upacara Minum Teh

Upacara minum teh (茶道 sadō, chadō, jalan teh) adalah ritual tradisional Jepang dalam menyajikan teh untuk tamu. Pada zaman dulu disebut chatō (茶の湯) atau cha no yu. Upacara minum teh yang diadakan di luar ruangan disebut nodate.
Teh disiapkan secara khusus oleh orang yang mendalami seni upacara minum teh dan dinikmati sekelompok tamu di ruangan khusus untuk minum teh yang disebut chashitsu. Tuan rumah juga bertanggung jawab dalam mempersiapkan situasi yang menyenangkan untuk tamu seperti memilih lukisan dinding (kakejiku), bunga (chabana), dan mangkuk keramikyang sesuai dengan musim dan status tamu yang diundang.Teh tidak hanya dituang dengan air panas dan diminum, tapi sebagai seni dalam arti luas. Upacara minum teh mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang mencakup antara lain tujuan hidup, cara berpikir, agama, apresiasi peralatan upacara minum teh dan cara meletakkan benda seni di dalam ruangan upacara minum teh (chashitsu) dan berbagai pengetahuan seni secara umum yang bergantung pada aliran upacara minum teh yang dianut.Seni upacara minum teh memerlukan pendalaman selama bertahun-tahun dengan penyempurnaan yang berlangsung seumur hidup. Tamu yang diundang secara formal untuk upacara minum teh juga harus mempelajari tata krama, kebiasaan, basa-basi, etiket meminum teh dan menikmati makanan kecil yang dihidangkan.Pada umumnya, upacara minum teh menggunakan teh bubuk matcha yang dibuat dari teh hijau yang digiling halus. Upacara minum teh menggunakan matcha disebutmatchadō, sedangkan bila menggunakan teh hijau jenis sencha disebut senchadō.Dalam percakapan sehari-hari di Jepang, upacara minum teh cukup disebut sebagai ocha (teh). Istilah ocha no keiko bisa berarti belajar mempraktikkan tata krama penyajian teh atau belajar etiket sebagai tamu dalam upacara minum teh.

4. Ikebana

Ikébana (生花) adalah seni merangkai bunga yang memanfaatkan berbagai jenis bunga, rumput-rumputan dan tanaman dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya. Ikebana berasal dari Jepang tapi telah meluas ke seluruh dunia. Dalam bahasa Jepang, Ikebana juga dikenal dengan istilah kadō (華道, ka, bunga; do, jalan kehidupan) yang lebih menekankan pada aspek seni untuk mencapai kesempurnaan dalam merangkai bunga.
Di dalam Ikebana terdapat berbagai macam aliran yang masing-masing mempunyai cara tersendiri dalam merangkai berbagai jenis bunga. Aliran tertentu mengharuskan orang melihat rangkaian bunga tepat dari bagian depan, sedangkan aliran lain mengharuskan orang melihat rangkaian bunga yang berbentuk tiga dimensi sebagai benda dua dimensi saja.Pada umumnya, bunga yang dirangkai dengan teknik merangkai dari Barat (flower arrangement) terlihat sama indahnya dari berbagai sudut pandang secara tiga dimensi dan tidak perlu harus dilihat dari bagian depan.Berbeda dengan seni merangkai bunga dari Barat yang bersifat dekoratif, Ikebana berusaha menciptakan harmoni dalam bentuklinierritme dan warna. Ikebana tidak mementingkan keindahan bunga tapi pada aspek pengaturannya menurut garis linier. Bentuk-bentuk dalam Ikebana didasarkan tiga titik yang mewakili langitbumi, dan manusia.

5. Tako

Kesenian Layang-layang ini sudah ada sejak jaman periode Nara (649-793 AD). Design layang layang dari negeri ini cukup unik dan sangat mudah dibedakan dengan design layang layang dari negara atau wilayah lain. Mainan ini dianggap berbahaya karena talinya bisa bersentuhan dan mengganggu aliran kabel listrik yang bisa berakibat fatal bagi pelaku dan orang lain. Layang layang hanya bisa dijumpai di event khusus atau dalam festival budaya saja yang mau tidak mau harus mereka hadirkan.

6. Kendo dan Judo

Sebelum menelaah lebih lanjut macam-macam budaya Jepang, ada baiknya terlebih dahulu kita ketahui apa itu makna budaya.  Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Jadi budaya itu lumayan kompleks ya. Budaya kita saja sudah sanagat banyak, Budaya Jepang juga tidak kalah banyaknya.



7. Matsuri

Matsuri adalah suatu festival budaya rakyat yang umumnya berkaitan dengan festival di kuil baik kuil Shinto (Jinja) maupun kuil Buddha (Tera) yang kebanyakan diselenggaran pada musim panas, pada saat ini matsuri tidak selalu berarti berdoa atau sembahyang, hal itu sudah pasti karena kebanyakan orang datang hanya untuk melihat saja.

8. Shogi

Shogi atau catur Jepang adalah permainan papan dari Jepang yang dimainkan oleh dua orang di atas papan 9 lajur dan 9 baris yang berwarna sama. Ciri khas shogi yang sangat membedakannya dari catur adalah sistem memainkan kembali buah lawan yang sudah ditangkap. Walaupun sudah naik pangkat, buah yang tertangkap akan kembali ke pangkat semula. Kedua belah sisi yang bermain dibedakan menjadi sente dan gote. Pemain sente memainkan langkah pertama, diikuti pemain gote, begitu seterusnya secara bergantian hingga selesai. satu set buah shogi yang berjumlah 20 buah.

9. Kabuki

Kabuki (歌舞伎) adalah seni teater tradisional khas Jepang. Aktor kabuki terkenal dengan kostum mewah dan tata rias wajah yang mencolok. Banyak pendapat mengenai asal kata dari Kabuki ini, salah satunya adalah kabusu yang ditulis dengan karakter kanji 歌舞 dengan ditambahkan akhiran す sehingga menjadi kata kerja 歌舞す yang berarti bernyanyi dan menari. Selanjutnya disempurnakan menjadi, kabuki (歌舞伎) yang ditulis dengan tiga karakter kanji, yaitu uta 歌(うた) (lagu), mai 舞(まい) (tarian), dan ki 伎(き) (tehnik).Selain yang telah dijelaskan diatas, ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa kata kabuki ini berasal dari kata kabuki かぶきkabuku かぶくkabukan かぶかん, ataukabuke かぶけ yang ditulis dengan karakter kanji katamuku (). Karakter kanji katamuku yang dibaca kabuku ini secara harfiah berarti cenderung, condong, miring atau tidak sama dengan pemikiran umum (Kira-kira sama dengan kata iyou yang ditulis dengan kanji 異様, yang berarti aneh, asing, atau tidak sama dengan keadaan masyarakat disekitarnya pada waktu itu). Kata ini digunakan untuk menyebutkan orang-orang yang cenderung atau condong ke arah duniawi, dan orang-orang yang berpakaian dan bertingkah laku aneh. Pendapat yang mengatakan penamaan kabuki berasal dari kata katamuku ini dikarenakan pada saat kabuki pertama kali diperkenalkan oleh Okuni, seorang Miko 巫女 (pendeta wanita) dari daerah Izumo, Okuni memakai kostum laki-laki dengan membawa pedang dan mengenakan aksesoris-aksesoris yang tidak lazim pada zaman tersebut, seperti rosario yang dikenakan di pinggang bukan digantungkan dileher. Ceritanya pun berkisar tentang seorang laki-laki yang pergi bermain-main ke kedai teh untuk minum-minum bersama para wanita penghibur. Hal ini kemudian diasosiasikan dengan kumpulan orang-orang yang berpakaian dan bertingkah-laku aneh serta tidak lazim yang muncul pada saat itu, yang dikenal dengan nama kabukimono カブキモノ.

Setelah melalui beberapa perkembangan akhirnya kabuki ditulis dengan tiga karakter kanji yaitu uta 歌 (lagu), mai 舞 (tarian), dan ki (seniman wanita) yang kemudian karakter kanji ki diubah menjadi ki , sehingga kabuki ditulis menjadi 歌舞伎(かぶき) yang sekarang ini. Penamaan kabuki dengan menggunakan tiga karakter kanji di atas, dikarenakan tiga karakter di atas dianggap sesuai dengan unsur-unsur yang ada di dalam pertunjukan teater kabuki itu tersebut. Adapun pada awalnya karakter ki, ditulis dengan dikarenakan kabuki pada awalnya lahir dari seorang seniman wanita yang bernama okuni 阿国(おくに) dari kuil Izumo.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar